Upaya Guru PABP dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PABP melalui Metode STAD (Student Teams Achievement Division) di Kelas VIII-C Smp Negeri 9 Depok
Keywords:
Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar, PABPAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Beragam metode pembelajaran yang mampu menunjang sistem pembelajaran siswa; 2) Proses peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PABP siswa; 3) Efektivitas metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan dua siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Pelaksanaan siklus I dan siklus-II menggunakan Metode STAD dan pembelajaran berbasis kooperatif. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-C Semester Ganjil SMP Negeri 09 Depok tahun ajaran 2019/2020.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Rencana pembelajaran sudah memuat langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode STAD; 2) Proses pembelajaran dengan menggunakan STAD, dapat meningkatkan aktivitas siswa, di mana siswa lebih aktif membaca, bertanya, menjawab pertanyaan dan berdiskusi. Aktivitas belajar siswa Kelas VIII-C pada pra-siklus peneliti menggunakan nilai ulangan harian sebagai data sampel, dimana diperoleh rata-rata sebesar 60,82 dan ketuntasan belajar sebesar 44,11% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dan 19 siswa tidaktuntas. Pada siklus-II terdapat peningkatan yang signifikan dimana jumlah rata-rata naik menjadi 81,03 dan ketuntasan belajar mencapai 75,75% dengan 25 tuntas dan 8 siswa tidak tuntas. Sementara untuk siklus-II diperoleh rata-rata sebesar 85,38 dan ketuntasan belajar sebesar 96,77% dengan 30 siswa yang tuntas dan 1 orang tidak tuntas. Ini membuktikan bahwa metode STAD sangat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 09 Depok. Pelaksanaan evaluasi menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, 3). Penggunaan metode STAD pada pembelajaran PABP sangat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 09 Depok.
References
Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
al-Attas, S. M. 1979. Aims and objectives of Islamic Education. London: Hodder and Stroughton.
Ali, M. 1984. Bimbingan Belajar (Penuntun Sukses di Perguruan Tinggi dengan Sistem SKS). Bandung: CV. Sinar Baru.
Arikunto, d. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asikin, M. D. 2009. Cara Cepat & Cerdas Menguasai penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Semarang: Manunggal Karso.
Asrori, A. 2009. Rekonstruksi dan Reposisi pendidikan Islam dalam Merespon Tantangan Dunia Pendidikan di Indonesia. Sosio-Religia, VIII, 722.
Chaplin, J. 1989. Kamus Lengkap Psikologi. (K. Kartono, Trans.) Bandung: Rajawali.
Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Indonesia: Depdiknas.
Djamarah, S. B. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasiional.
Djanali, S. 2002. Buku VI Suasana Akademik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Gatot Muhsetyo, d. 2008. Teori-teori pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hamalik, O. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hamalik, O. 2009. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.
Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sardiman. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Sholihah, A. 2014. Implementasi Konsep Multiple Intellegences dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Surakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta.
Slavin, R. E. 2014. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Soemanto, W. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Sudjana, N. 1996. CBSA: Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, N. (2002). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yulianingsih, T. (2022, Agustus 27). LIPUTAN 6. Daftar Negara dengan Pendidikan Terbaik Tahun 2022, Ini Posisi Indonesia. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: Liputan6. Retrieved from https://www.liputan6.com/global/read/5051493/daftar-negara-dengan-pendidikan-terbaik-tahun-2022-ini-posisi-indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SAFINA: Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.