Pendidikan Menurut John Dewey dan Al-Ghazali
Keywords:
komparasi, konsep pendidikan, radikal, religiusAbstract
Pendidikan merupakan hal penting dalam proses bimbingan untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Pendidikan sebagai sarana penting dalam penanaman nilai-nilai kemanusiaan sehingga tercipta manusia yang bermoral dan keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dalam penulisan karya ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian library research (penelitian kepustakaan) dengan menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu menganalisis masalah yang dibahas dengan jalan mengumpulkan data-data lalu diambil kesimpulan dari berbagai literatur. Hasil penelitian ini adalah (1) pemikiran pendidikan John Dewey bersifat radikal, karena berangkat dari perjuangannya yang melawan berbagai bentuk proses pendidikan yang tidak berdasarkan pada potensi peserta didik. Metode yang ia gunakan adalah metode problem solving dan learning by doing. (2) Pemikiran konsep yang ditawarkan oleh Al-Ghazali bercorak religius yang dipengaruhi oleh penguasaannya di bidang sufisme. Tujuan pendidikannya adalah takarub kepada Allah yang bermuara pada kebahagiaan dunia dan akhirat, mengembangkan potensi manusia serta membentuk manusia yang berakhlak. Metode pendidikannya yakni metode keteladanan dan metode pembiasaan. (3) Komparasi pendidikan antara John Dewey dan Al-Ghazali dapat dilihat dari sisi persamaan maupun perbedaannya. Persamaannya terletak pada pengakuannya tentang setiap manusia terdapat potensi bawaan yang juga sama-sama muncul dari sosiokultural. Perbedaannya adalah John Dewey dengan corak pemikiran yang radikal mencetuskan konsep pendidikan demokrasi dalam usaha kesadaran kritis menuju humanisasi. Sedangkan Al-Ghazali dalam pemikirannya memilki corak religius, ia mencetuskan konsep berbasis Islam, yang menekankan pada sisi spiritualitas dan nilai-nilai moral.
References
al-Abrasyi, Muhammad Athiyyah. Al-Tarbiyyah al-Islamiyyah wa Falasifatuha. Mesir: Isa al-Babi al-Halbi, 1975.
Al-Ghazali. Al-Munqidz min al-Dhalal. Beirut: Dar al-Fikr, 1996.
Al-Ghazali. Tahafut al-Falasifah: Kerancuan FIlsafat. Yogyakarta: Islamika, 2003.
Arifin, H.M. Filsafat Pendidikan Islam. 1. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Bagus, Lorens. Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.
Barnadib, Imam. Filsafat Pendidikan: Sistem dan Metode. 8. Yogyakarta: Andi Offset, 1994.
Darajat, Zakiyah. Media Silaturahmi Keluarga YISC. Jakarta: Al-Azhar, 1984.
Dewey, John. Pendidikan Berbasis Pengalaman. Terjemahan oleh Dr. Sudarminta. Jakarta: Teraju, 2004.
Hadiwijono, Harun. Sari Sejarah Filsafat Barat II. Yogyakarta: Kanisius, 2004.
Hanafi, Ahmad. Pengantar Filsafat Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1991.
Himawijaya. Mengenali Al-Ghazali for Teens: Keraguan adalah Awal Keyakinan. Bandung: Mizan, 2004.
HM, Teguh Wangsa Gandhi. Filsafat Pendidikan: Mazhab-Mazhab Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Al-Ruzz Media, 2011.
Iman, Muis Sad. Pendidikan Partisipatif: Menimbang Konsep Fitrah dan Progresivisme John Dewey. Yogyakarta: Safiri Insania Press & MSI UII, 2004.
Kasan, Tholib. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Studia Press, 2009.
Kholiq, Abdul. Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
Minderop, Albertin. Pragmatisme Sikap Hidup dan Politik Luar Negeri Amerika. Jakarta: Yayasan Obor Jakarta, 2005.
Muhajir, Noeng. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Rake Sarasin, 2015.
Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.
Othman, Ali I. The Concept of Man in Islam: In the Writings of Al-Ghazali. Cairo: Dar al-Ma'arif Printing and Publishing House, 1960.
Qoyyum, Abdul. Letter of Al-Ghazali. Translated by Haidar Bagir. Jakarta: Hikmah, 2000.
Sadulloh, Uyoh. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta, 2011.
Sholeh, Asrorun Ni'am. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: eLSAS, 2006.
Sibawaihi. Eskatologi Al-Ghazali dan Fazlur Rahman. Yogyakarta: Islamika, 2004.
Simpson, Douglas J. John Dewey and the Art of Teaching. London: Sage Publications, 2004.
Soyomuti, Nurani. Teori-Teori Pendidikan. 1. Yogyakarta: Al-Ruzz Media, 2015.
Suardi, Moh. Pengantar Pendidikan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Indeks, 2012.
Tafsir, Ahmad. Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SAFINA: Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.