Meningkatkan Hasil Belajar Al-Islam dan Kemuhammadiyahan melalui Kuis dengan Umpan Balik pada Mahasiswa Kelas A PGSD di STKIP Muhammadiyah Enrekang
Keywords:
al-islam dan kemuhammadiyahan, pemberian kuis, umpan balikAbstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan melalui beberapa tahap dalam setiap siklusnya, yaitu perencanan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan pada mahasiswa kelas A Pendidikan Guru Sekolah Dasar di STKIP Muhammadiyah Enrekang melalui metode pemberian kuis disertai dengan umpan balik. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa kelas A Pendidikan Guru Sekolah Dasar di STKIP Muhammadiyah Enrekang tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar mahasiswa yang dilakukan tiap akhir siklus, observasi, refleksi dan tanggapan mahasiswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang terlihat pada siklus I diperoleh skor rata-rata hasil belajar Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Mahasiswa kelas A Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebesar 70,61 dengan skor ideal 100 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan pada siklus II menjadi 79,55 dengan skor ideal 100 yang berada pada kategori tinggi. Secara kualitatif terjadi peningkatan frekuensi kehadiran mahasiswa, keaktifan dan kesungguhan mahasiswa dalam proses belajar Al-Islam dan Kemuhammadiyahan mahasiswa kelas A Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan melalui pemberian kuis dengan umpan balik dapat meningkatkan hasil belajar Al-Islam dan Kemuhammadiyahan pada mahasiswa kelas A Pendidikan Guru Sekolah Dasar di STKIP Muhammadiyah Enrekang.
References
Ali, Muhammad. 1983. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru.
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi aksara.
Dimiyanti, Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka cipta. Hudoyo,
Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar. IKIP Malang. Jakarta.
Muhkal, Mappaita. 1994. Hubungan Antara Konsepsi Diri Matematika dan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas I SMA Negeri di Kotamadya U.P. Tesis. Program Pasca Sarjana IKIP Malang.
Nasution. 2000. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bandung : Jammers.
Sardiman, A.M. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Sombo, Ferdiana. 2002. Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Pemberian Kuis pada Akhir Pembelajaran Siswa SLTP Negeri 1 Sanggalangi Kabupaten Tanah Toraja. Skripsi FMIPA Universitas Negeri Makassar.
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Edisi ke 6. bandung tarsito. Wayan Nurkencana dan P.P.N. Sumartana, 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya Usaha Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SAFINA Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.