Efektivitas Penerapan Sistem Pembelajaran Multiple Intellegences dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Kelas VIII SMP Lazuardi Insan Kamil Sukabumi)

Authors

  • Hasan Mawardi Sekolah Tinggi Agama Islam Madinatul Ilmi

Keywords:

multiple intelligences, PAI, efektifitas, gaya belajar, gaya mengajar, kunikan

Abstract

Tulisan ini mencoba meneliti efektivitas penerapan teori Multiple Intelligences (MI) dalam proses pembelajaran PAI. MI memandang bahwa kecerdasan tidak hanya terbatas pada kecerdasan IQ saja tetapi ada banyak kecerdasan lain. Karena itu, MI memandang bahwa setiap siswa adalah cerdas dan memiliki gaya belajar yang unik. Pelejitan proses belajar terjadi ketika cara mengajar guru sejalan dengan gaya belajar siswa. Tulisan ini membuktikan efektivitas MI ini dalam proses pembejaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Lazuardi Insan Kamil, Sukabumi.

References

Amini, Ibrahim. 2006. Agar Tak Salah Mendidik Anak. Jakarta: Al-Huda.

ash-Shadr, Baqir. 2001. Sistem Politik Islam. Translated by Arif Mulyadi. Jakarta: PT Lentera Basritama.

Chatib, Munib. 2009. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa.

Chatib, Munif. 2010.”Penerapan Pembelajaran Berkualitas Melalui Pendekatan Multiple Intelligences.” Depok: Kampus STAI Madinatul Ilmi.

Drajat, Zakiah. 2000. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Fadhil, Marwan, interview by Hasan Mawardi. Transkrip Wawancara dengan Guru Agama (Desember 15, 2011).

Gardner, Howard. 2003. Multiple Intelligences. Batam: Interaksa. Kendari, Tahang. “myfortuner.wordpress.com.” 08 10, 2010. https://myfortuner.word press.com/2010/08/10/214/ (accessed 07 12, 2012).

Mulyadi, Seto. 2007. Home Schooling Keluarga Kak Seto. Bandung: Kaifa. Mawardi, Hasan, interview by Hasan Mawardi. Transkrip Wawancara dengan Kepala Sekolah (Desember 15, 2011).

Syah, Darmawan. 2009.Pengembangan Evaluasi Sistem Pendidikan Agama Islam.Jakarta: Diadit Media. Syah, Darwan, H. M. A Djazimi, and Supradi. 2009. Pengembangan Evaluasi Penerapan Pendidikan Islam. Jakarta: Diadit Media.

Susanto, Handy. “Menerapkan Multiple Intellegencies dalam Sistem Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Penabur (BPK Penabur), no. No. 04/Th. IV (Juli 2005). Siswa, interview by Hasan Mawardi. Transkrip Wawancara dengan Siswa (Desember 15, 2011).

Zuhairini.,et.al.1981.Metodik Khusus Pendidikan Agama.Malang:FakultasTarbiyahIAIN Sunan Ampel.

Downloads

Published

2016-03-01

How to Cite

Hasan Mawardi. (2016). Efektivitas Penerapan Sistem Pembelajaran Multiple Intellegences dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Kelas VIII SMP Lazuardi Insan Kamil Sukabumi). SAFINA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1). Retrieved from https://journal.madinatulilmi.ac.id/index.php/safina/article/view/23