Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai Ukhuwwah Islamiyyah (Studi Kasus Pembelajaran PAI di SMA Lazuardi GIS, Depok)
Keywords:
ukhuwwah islamiah, nilai-nilai ukhuwwah, mazhab, sunni dan syi'ahAbstract
Tulisan ini mencoba mengelaborasi tentang alternatif pendidikan Islam yang berbasis nilai-nilai ukhuwwah yang diterapkan di SMA Lazuardi GIS, Depok. Nilai[1]nilai ukhuwwah adalah nilai-nilai universal yang berdasarkan kepada misi utama Nabi saw yaitu sebagai penyempurna akhlak manusia. Nilai-nilai ukhuwah tercermin dalam nilai ta’arruf (saling mengenal), tasamuh (saling menghargai), ta’adul (bersikap adil), ta’awwun (saling membantu), dan tawassuth (moderat).Tulisan ini mengungkap sejauh mana nilai-nilai ini tercermin di kalangan siswa dan para guru PAI di SMA Lazuradi GIS, Depok.
References
Ahmad, Abu, and Nur Uhbiyati. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
al-Bantani, Alawi Nurul Alam. 2014. Kyai NU dan Imam Marja Syi'ah Memutilasi Salafi Wahabi. 1. Bandung: Pustaka Aura Semesta.
Bagir, Haidar. 2012.Menuju Persatuan Umat: Pandangan Intelektual Muslim Indonesia. 1. Bandung: Mizan,
Dava, interview by Syukron.Wawancara Dengan Siswa Kelas X IPA, SMA Lazuardi GIS (Maret 13, 2015).
Drajat, Zakiah. 2000. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Haikal, Husain, interview by Syukron Makmun.
Wawancara dengan Ketua Litbang Agama SMA Lazuardi GIS Depok (Februari 26, 2015).
Hidayat, Syarif. 2013. Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri. Husein,
Haikal,interview by SyukronMakmun.Wawancara Ketua Litbang Agama SMA Lazuardi (Februari 26, 2015).
Islaminesia. islaminesia.com. Maret 07, 2016. http://islaminesia.com/2016/03/as-¬ desain-fitnah-al-bouthi-ingatkan-tidak-percaya-media-milik-qatar/(accessed ¬Maret 11, 2016).
Kamal, Rahmat.2014.Pedoman Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 1. Jakarta: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Kebudayaan, Tim P3B Departemen Pendidikan dan Kamus Besar Bahasa Indonesia. 4. Jakarta: Balai Pustaka, 1995.
Kusyadi, Dede, and M. Luthfi Ubaidillah. Pendidikan Agama Islam untuk Kelas IX. 1. Depok: CV. Arya Duta, 2011.
Lazuardi. http:/lazuardi-high.sch.id. Februari 4, 2015. http://lazuardi-high.sch.id/in dex.php/component/content/article/19-berita-terkini/87-tuduhan-syiah-terhadap sma-lazuardi-provokasi-sekolah-syiah-di-basis-kaum-nahdliyyin-fakta-dan-data syiah-di-indonesia-yayasan-syiah-di-sekitar-anda-dedengkot-syiah-jadi- (accessed Juli 16, 2015).
Lazuardi, SMA. Buku Profil Sekolah SMA LAzuardi. Depok: SMA Lazuardi, 2015.
Madjid, Nurcholish. 1997. Masyarakat Relijius. 1. Jakarta: PT Amanah Putra Nusantara.
Mahmud,AbdulHalim.2000.Merajut Benang Ukhuwwah Islamiyah. Solo: EraIntermedia.
Musa, A. Malik. 2001. Damai Bersama Islam. 1. Banda Aceh: PW. Pemuda Muhammadiyah Aceh.
Nashrullah, Nashih. republika.co.id. 12 07, 2016. http://internasional.republika.co.id/ berita/internasional/timur-tengah/15/12/07/nyz1st320-ini-pengakuan-putra-¬ ramadhan-albuthi-tentang-konflik-suriah (accessed 04 11, 2016).
Nasution, Harun. 2010. Teologi Islam: Aliran-aliran Sejarah Analisis Perbandingan. 5. Jakarta: UI-Press.
Rafi, interview by Syukron. Wawancara dengan Rafi Siwa Kelas X SMA Lazuardi GIS Depok (Mei 23, 2015).
Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Dahulukan Akhlak di Atas Fiqh. 2. Bandung: Mizan. Republika. republika.co.id. Februari 23, 2016. http://khazanah.republika.co.id/berita/ dunia-islam/islam-nusantara/16/02/23/o2z1rd320-lima-pesan-syekh-alazhar-dari mui-hingga-rekonsiliasi-sunisyiah (accessed Maret 11, 2016).
Shihab, M. Quraish. 2013. Wawasan al-Qur'an. Bandung: Mizan Pustaka.
Shihab, Muhammad Quraish. 2007. Sunnah-Syi'ah Bergandengan Tangan, Mungkinkah? Kajian Atas Konsep Ajaran dan Pemikiran. 1. Jakarta: Lentera Hati.
—. Tafsir al-Mishbah. 2002. Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur'an. 1. Vol. 13. Jakarta: Lentera Hati. —. Wawasan al-Qur'an. Bandung: Mizan Pustaka, 2013.
Zuharini, dkk. 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: Balai Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SAFINA Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.