Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Langkah-langkah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Cisarua)
Keywords:
Pendekatan Saintifik, Pendidikan Agama Islam dan Budi PekertiAbstract
Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang mengharuskan setiap langkah dari proses pembelajaran bersifat ilmiah, berbasis fakta dan empiris. Selain itu, pendekatan saintifik juga menekankan adanya penekanan pada peningkatan keterampilan menalar peserta didik. Namun dalam Pendidikan Agama Islam yang berkarakteristik doktrinal, juga harus menggunakan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013. Meskipun demikian, Pendidikan Agama Islam tidak hanya bersifat doktrinal, Pendidikan Agama Islam juga bisa dipelajari dengan pendekatan saintifik. SMA Negeri 1 Cisarua adalah sekolah yang menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada tahun ajaran 2014/2015. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013 dinamai Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendekatan saintifik dalam langkah-langkah pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas XI SMA Negeri 1 Cisarua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Setelah analisis data dilakukan, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah langkah-langkah pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan pendekatan saintifik di SMA Negeri 1 Cisarua disesuaikan dengan materi pokok dan kondisi peserta didik. Langkah-langkah tersebut adalah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/mengolah data/menalar, mencoba dan mengkomunikasikan.
References
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013, Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Faruk, Umar. 2009.Jalan Menuju Taqwa: Sendi-Sendi Utama Agama Islam untuk Menjadi Manusia Sempurna, Jakarta: PT Fikahati Aneska. Josip Mario Sinambela, Pardomuan Nauli. “Kurikulum 2013 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran”. Jurnal Generasi Kampus, Vol. 6, no. 2. september 2013.
Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul. 2014.Implementasi Kurikulum 2013: Kajian Teoritis dan Praktis, Bandung: Interes Media, cet. II.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, cet. II.
Rahman, Abdul. 2009. Psikologi: Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana, cet. IV.
Machin, “Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan”, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, volume 13, nomor 1, tahun 2014.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan nomor 59 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SAFINA Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.